Wednesday 16 April 2008

Ga usah buru-buru lah...

Orang indonesia punya pepatah "biar lambat asal selamat"... walaupun pepatah tidak tepat untuk semua keadaan, namun yang satu ini sepertinya bisa dicocok-cocokkan dg sang pepatah.

Jika shalat telah didirikan maka janganlah kalian mendatanginya dengan terburu-buru, tetapi datangilah dengan berjalan penuh ketenangan. (Gerakan) apapun yang kalian dapatkan kerjakanlah, dan apa yang tertinggal maka sempurnakanlah. (Muttafaqun `alaihi)

Dalam hadits ini, jelas bhw kita dianjurkan untuk tidak tergesa-gesa menuju tempat sholat, namun mendatanginya dengan tenang. Lebih tegas lagi, dalam tambahan hadits yg diriwayatkan Imam Muslim disebutkan,

Karena sesungguhnya jika salah seorang di antara kalian sengaja berangkat untuk shalat, maka dia berada dalam keadaan shalat.

Tentu saja, hadits ini  bukan menganjurkan orang2 tuk menunda-nunda shalat hingga iqamat tiba apalagi hny gara2 hal2 g penting, seperti nonton bola (shubuh2 biasanya),  ngobrol g jelas, buka situs g penting, dll :) Karena menunggu sholat di Mesjid, memiliki keutamaan yang besar.

Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya "Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia" (Hr. Muslim)

Selain itu, hadits yg saya kutip di awal juga mengajarkan kpd kita apabila masbuk untuk langsung mengikuti gerakan imam apa saja itu, (gerakan) apapun yang kalian dapatkan kerjakanlah, dan apa yang tertinggal maka sempurnakanlah. Bukan seperti yg masih dilakukan sebagian kaum muslimin, di mana apabila mereka masbuk dan imam misalnya sdg sujud, mereka menunggu sampai imam berdiri kembali.

Wallahu a`lam

16 comments:

  1. mas, ini ada perintah untuk 'buru-buru' dalam kebaikan lho;

    [3.133] Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa

    ReplyDelete
  2. jazakallah khayran atas tambahannya, mas syamsul..
    dalam kebaikan memang kita harus bersegera, ke mesjid juga sebaiknya bersegera, tp tdk terburu-buru :)

    ReplyDelete
  3. *_* Masya Allah, dalem banget... Impian terindah kayaknya kalau bisa wafat dalam keadaan shalat, walaupun cuma 'dalam perjalanan/bangkit untuk melakukan shalat..' Amiiinnn...

    ReplyDelete
  4. Trima kasih Mas Syaikhul jadi teringat kembali nih.

    ReplyDelete
  5. kadang terlihat sperti org yg ga mau rugi, lihat imam mau/sedang ruku, berlari-lari utk sekedar dihitung 1 rakaat.

    ReplyDelete
  6. memang, ketidakpahaman kita sering membawa pada ketidaksempurnaan ibadah, mas avi...

    ReplyDelete
  7. syukron akhi atas postingannya :D

    ReplyDelete