Wednesday, 24 March 2010

Muhammadiyah: Waktu Shubuh Sudah Benar

Walhamdulillah, menguatkan postingan yg duluuuu :)

Walhamdulillah, kutipan terakhir merupakan nasihat yg sangat baik. Jadi klo berbeda, jangan keburu nuduh orang lainlah yg salah, sholat ga sah, dsb...

wallahul-musta'an


------sumber: republikaonline----------------

...
.....
......

Menurut pandangan Majelis Tarjih Muhammadiyah, ujar Fatah, waktu shalat subuh sudah benar yakni ketika posisi matahari berada 20 derajat di bawah ufuk. “Namun kalau masalah jam berapa shalat subuhnya dilaksanakan pada minggu-minggu ini, saya tidak bisa menyebutkan tepat jamnya. Sebab waktu shalat subuh itu, bisa berubah dari waktu ke waktu, yang jelas asalkan posisi matahari berada 20 derajat di bawah ufuk. Jadi, Muhammadiyah tidak ada kontradiksi dengan pemerintah dalam menentukan waktu shalat subuh, bahkan kami semakin mengukuhkan bahwa waktu shalat subuh sudah benar sehingga tidak ada yang perlu dirisaukan,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Rohadi Abdul Fatah mengatakan, waktu shalat subuh yang ditentukan pemerintah sudah benar sehingga masyarakat tidak perlu merasa resah. “Dalam menentukan shalat subuh Departemen Agama mengacu pada ketentuan yang sudah disampaikan oleh Badan Hisab Rukyat Indonesia. Badan tersebut terdiri dari anggota Muhammadiyah, NU, Persis, juga para pakar ilmu falak dan astronomi. Dengan demikian kualitas perhitungan mereka tidak perlu diragukan. Sebab mereka sudah melakukan perhitungan waktu shalat dengan sebaik-baiknya,” katanya.

....
.....
.......

Jika ada pihak-pihak yang mempunyai padangan berbeda dalam penentuan waktu shalat subuh, kata Rohadi, itu adalah hal biasa karena perbedaan pandangan itu wajar. “Namun yang terpenting, pemerintah selalu mengupayakan yang terbaik bagi masyarakatnya, termasuk dalam perhitungan waktu shalat,” katanya.

10 comments:

  1. memang, ada hadits yang menjelaskannya demikian

    ReplyDelete
  2. trims atas tambahannya, mas syamsul...

    ReplyDelete
  3. mohon cek imel dzikrulmaut..
    gue gak ngerti nih cara make beginian..
    :D

    ReplyDelete
  4. eh iya bro..
    ente skrg di KL?
    ga di jkt ya?

    ReplyDelete
  5. yup, awal april baru di jkt, insya Allah.
    ane lg YM nih, ke YM aja gmna?

    ReplyDelete
  6. add gue deh bro..
    angga_depitianto

    ReplyDelete