Wednesday 19 January 2011

Sepuluh dalam Satu

Sepuluh dalam Satu

 

وعن ابن مسعودٍ - رضي الله عنه - ، قَالَ : قَالَ رسولُ اللهِ - صلى الله عليه وسلم - : (( مَنْ قَرَأ حَرْفاً مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ حَسَنَةٌ ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أمْثَالِهَا ، لاَ أقول : ألم حَرفٌ ، وَلكِنْ : ألِفٌ حَرْفٌ ، وَلاَمٌ حَرْفٌ ، وَمِيمٌ حَرْفٌ )) رواه الترمذي ، وقال : (( حديث حسن صحيح ))

 

Dari Ibnu Mas'ud ra, ia berkata : bersabda Rasulullah saw : " Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur'an maka ia akan memperoleh satu kebaikan. Dan tiap kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali. Aku tidak mengatakan : Alif Lam Miim adalah satu huruf. Melainkan Alif satu huruf, lam satu huruf dan miim satu huruf". (HR. Tirmidzi, ia berkata : Hadits hasan shahih)

 

Al Qur'an adalah sumber kekuatan Iman dan ladang pahala. Semakin rajin kita membaca Al Qur'an maka semakin banyak pahala yang akan kita peroleh. Dan sungguh tepat jika kita menjadikan Interaksi dengan Al Qur'an sebagai jalan utama kita untuk meraih surga.

1.       Membaca Al Qur'an tidaklah seperti membaca tulisan atau teks-teks lain. Dengan membaca satu huruf saja kita akan mendapatkan 10 kebaikan. Bisa di bayangkan berapa banyak pahala yang akan diraih jika kita membacanya satu halaman, atau satu juz atau lebih.

2.       Ketika Allah swt memberikan reward atas amal kita, maka janganlah kita membayangkannya seperti reward atau hadiah yang diberikan manusia seperti uang, perhiasan atau benda berharga lainnya. Ingatlah bahwa yang akan memberikan reward ini adalah Dzat yang Maha Agung pemilik Alam semesta. Ia adalah Dzat yang Maha kaya yang kekayaanNya meliputi seisi bumi, seisi langit dan termasuk kita sebagai makhlukNya. Maka tentu saja 1 kebaikan atau 10 kebaikan yang disebutkan dalam hadits di atas tidak akan mampu kita bayangkan besar dan mulianya.

3.       Sebanyak apa pun seseorang membaca Al Qur'an niscaya ia tidak akan merasa bosan. Hal ini akan terjadi jika seseorang memiliki hati yang bersih. Utsman bin Affan dan Hudzaifah  berkata :

لو طُهرت القلوب لم تشبع من قراءة القرآن

"Jika hati bersih, niscaya tidak akan kenyang dari membaca Al Qur'an"

 

4.       Besarnya pahala yang diberikan kepada pembaca Al Qur'an tidak terlepas dari dua hal. Pertama karena ia adalah Kalamullah (firman Allah) dan kedua adalah karena ia adalah kitab Hidayah yang setiap muslim wajib membacanya. Reward atau pahala tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah motivator atau penyemangat agar kita rajin membaca Al Qur'an.

 

oleh: Ust. Ahmad Yusuf, Lc., al-Hafizh (Int'l Islamic University M'sia)


---

Klik http://batikten.multiply.com :)

---

3 comments:

  1. Benar sekali..dlm setahun ada peluang 12 kali khatam, dan 1 kali khatam sama dengan 305 juta hasanah

    ReplyDelete
  2. wah sudah ngitung jumlah hurufnya akh berurin? :)

    muqorrobin@ http://batikten.multiply.com

    ReplyDelete
  3. Kurang lebih akh :-) itu baru pahala tilawah,blm lg pahala tadabbur, tahfizh&tathbiiq.. Ada byk kebaikan yg 4wl sediakan

    ReplyDelete