Thursday, 26 July 2007

Berita Boong Banyak Beredar Lho..... Waspada

artikel menarik ttg hoax (berita bohong yg keliatan benar) yang didapat dari suatu tetangga bbrp waktu lalu.. saya edit sedikit..

hoax ini juga ada yg berkaitan dg agama, seperti berita yg mengkait-kaitkan tragedi WTC dengan surat at-Taubah.

semoga Allah menjaga kita dari menyebarkan kebohongan yang tidak dibenarkan.

tabayyun, tabayyun... (cek n ricek..)

SM
www.muqorrobin.multiply.com
:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: ::::::::::::::::::::::::::::

Beberapa orang masih bingung membedakan antara spam dan hoax. Gampangnya, spam adalah email yang berisi iklan suatu produk/website tertentu dimana kita tidak menginginkan menerima email tersebut, keterangan lengkap bisa dilihat di wiki. Sementara itu, hoax adalah berita bohong atau berita
palsu.

Hoax beredar di mana saja: email, bulettin friendster, Yahoo Messenger, bahkan SMS. Sebelum dapat membedakan hoax dan bukan, mari kita belajar membuat hoax.

Langkah-langkah membuat hoax.
- Pilih topik yang unik
Tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Coba yang sepele dulu, tapi setiap hari digunakan orang, misalnya "mouse".

- Cari 'masalah'
Carilah yang kira-kira akan membuat orang mengernyitkan dahi dan berupaya untuk memberitahukan teman-temannya. Misalnya:

"Penggunaan optical mouse dapat menimbulkan Kanker"

- Gunakan istilah-istilah ilmiah
Usahakan yang sudah diketahui oleh banyak orang. Jangan lupa berikan data-data berupa angka.

"Kenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang berbahaya. Tiga tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang
digunakan jauh lebih tinggi dari pada pada handphone.

Telah diketahui secara luas bahwa telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung syaraf tubuh. Radiasi yang dirasakan oleh telapak tangan bisa berpengaruh fatal pada kesehatan, karena menurut laporan WHO radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone. Akan tetapi radiasi mouse menjadi berbahaya karena dipegang terus menerus oleh pemakai komputer.

Pengaruh radiasi dari mouse lebih terasa pada produk-produk berkualitas rendah, karena produk-produk yang bagus memiliki shield (pelindung) untuk melindungi pergelangan tangan. "

- Tambahkan alamat kantor berita di internet

"WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan optical mouse untuk seluruh kegiatan di kantornya, sementara Microsoft dan IBM mengucurkan dana sekitar 2milyar dolar untuk kerjasama pembuatan pointing device yang lebih aman.

Industri-industri hardware terbesar di cina dan taiwan berusaha
menutup-nutupi hal ini. Jika diperhatikan, mouse-mouse optical yang beredar di pasaran saat ini diproduksi oleh merk-merk yang tidak terkenal, padahal itu hanyalah sisa produksi industri besar yang sudah menghentikan penjualan."

- Berikan solusi yang tidak kalah gebleknya

"Untuk itu, cobalah memegang mouse hanya di saat diperlukan saja.
Berlatihlah menggunakan Hotkey (Ctrl-C, Ctrl-V untuk kopi paste).
Kembalilah menggunakan mouse model lama (bola)".


- Tambahkan kata-kata ajaib

"Sekedar untuk berjaga-jaga, seorang temanku sudah kena 2 hari yang lalu. Tolong teruskan ke orang-orang yang anda sayangi".

*hihihi*

- Berikan efek forward.
Agar seolah-olah email ini didapat dari kalangan eksklusif, atau dari milis yang berkaitan, beri efek forward pada judul email

"Fwd:[milis-kesehatan]Mouse Optical dapat menyebabkan kanker (PENTING!!!)".

Gampang? Tentu Saja
Dari uraian diatas semoga bisa terlihat betapa mudahnya orang membuat hoax di internet. Oleh karena itu, setelah dapat membuat hoax sendiri seperti di atas, kita dapat membedakan mana berita hoax dan mana berita yang benar. Semakin banyak orang yang bisa mengerti ciri-ciri hoax, semakin sedikit sampah yang akan beredar di internet.

Bagaimana memeriksa apakah suatu berita itu Hoax atau bukan?
1. Gunakan logika saja. misalnya "forward berita ini sebagai tanda bahwa account anda aktif, karena friendster terlalu penuh dan akan menutup account yang tidak aktif". Yang benar saja gitu loh, dengan satu query di database saja sudah kelihatan kapan suatu account terakhir login, lagipula mana ada online industry yang menutup kliennya dengan semena-mena.

2. Jika ada link, coba cari di link tersebut

3. Tanyakan pada rekan yang lebih memahami hal ini

4. Tanya paman google

Dalam urutan 'penyampah internet', menurutku hoax berada setingkat lebih tinggi daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-anaknya atau istri-istrinya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang
banyak. (Junk mail tergolong sampah jinak)

Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena 'hasil karya'nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industri yang berkaitan mengalami kerugian karena produknya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca hoax tersebut.

:::::::::::::::::::::::::::::::::

jangan sebarkan mail "Optical Mouse Bisa Menyebabkan Kanker" dg nyontek contoh di atas yah. Boong itu dosa lho Smile

27 comments:

  1. betul,betul, boong itu dosa,yah...:)
    aku jadi termasuk orang yang malas menebarkan berita berantai,nih.

    ReplyDelete
  2. yup, jangan sembarangan deh nyebarin berita... nambah dosa yg udah bnyk ^_^;

    ReplyDelete
  3. *angguk-angguk setuju*

    Ups... eheeemm... dua sejoli lagi bicara *kabuurrr...* :D

    ReplyDelete
  4. kok kabur, Teh...
    kirain mo bawain sate padangnya.. :)

    ReplyDelete
  5. Tambahan peringatan dari hadits Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang artinya: “Cukuplah seseorang itu berdusta manakala ia menceritakan semua apa yang didengarnya.” (HR: Muslim)

    ReplyDelete
  6. sering banget dapat kiriman hoax...

    ReplyDelete
  7. dibales dg tulisan di atas aja , mbak Yati...

    ReplyDelete
  8. ih tentang HOAX lebih banyak

    coba deh buka

    www.hoax.wordpress.com

    ReplyDelete
  9. Taruhlah jika memang benar info tsb tersebar via Hoax, tapi didalamnya juga terdapat info kesehatan yg memang benar gimana? *contoh kasus spt postingan Rat yg dikomentari sama Akhi*
    hasil dari investigasi Rat menunjukkan artikel yg Rat posting dah jadi 'jumhur' di dunia kesehatan nih Bang...:) tapi bukan berarti 'taqlid' neh...
    Gimana tuh?
    http://cupla-ninink.blogspot.com/2006/05/belajar-dari-rasulullah-cara-makan.html tapi makasih jadi mengasah kreatifitas Rat dalam 'ber-investigasi' mencari berita yg shohih nih...

    ReplyDelete
  10. klo bener namanya bukan hoax, ukhti.... jadi silahkan saja disebarkan..
    hanya saja untuk membuktikan kebenaran butuh ahlinya..
    misalnya dalam bidang kesehatan.. kita butuh dokter atau profesor yg ahli dlm bidang kesehatan.
    walaupun 100 orang ekonomi (misalnya) mengatakan suatu hal itu sehat, tapi seorang dokter spesialis mengatakan hal tsb tidak sehat, tentu kita mengikuti pendapat dokter kan.. :)

    ReplyDelete
  11. sebenarnya sih mau langsung masukkin link yang ini http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1004334217,2030, tapi berhubung Bang Syaikh pernah dpt e-mail dari 'oknum Depkes' dan ternyata itu cuma hoax belaka yah Rat jg mikir2 lagi mau ngasih link ini.
    well postingan itu sebenarnya lebih kepada Tips kesehatan sih, yg Rat harap sih bisa bermanfaat bagi orang banyak dgn memakai sistem berantai tsb. Oh iya nih masalah hadits itu memang kelemahan dari Rat *maklum masih belajar* malah Rat berharap klo memang Bang Syaikhul punya referensi hadits yg lengkapnya dan shohih kenapa ga coba di sharing jg ma kita2...Syukron ya Bang ^_^

    ReplyDelete
  12. orang Depkesnya bukan oknum, Rat... hanya kurang tahu masalah kesehatan saja, krn memang g semua orang Depkes dokter... :)

    syukran linkya... ckp membantu :)

    ttg hadits, belum ketemu yg shahih yg sesuai dg link yg Ratu kasih tuh.... ntar bagi2 hadits ttg cara makan Rasulullah shallalahu `alaihi wasallam yang lain aja deh (yg jelas shahihnya), insya Allah ^_^

    ReplyDelete
  13. Sip lah...sama2 saling bantu...oh iya nih tadi hasil searching Rat juga ada ttg penelitian seorang Dokter di Mesir yg meneliti ttg Cara makan sehat ala Rasulullah SAW, mungkin link yg ini jg bisa bantu dan lebih lengkap referensinya :)
    http://bangdha.multiply.com/journal/item/1

    ReplyDelete
  14. *penjelasan ttg pemakaian kt 'oknum'
    Mmhhh..harusnya c orang tsb lebih berhati2 thd setiap berita yg mau disebarkan, dalam artian kalau ga punya kapasitas keilmuan yg cukup capable di bidangnya harusnya di 'sortir' dulu lah dalam menyebarkan berita, untung Bang Syaikhul tanggap coba kalau 'taqlid' aja kan berabe :D makanya bisa dibilang 'oknum' dalam hal ini..yah cuma masalah tata bahasa/ istilah doank sih..semoga ga ada yg tersungging.

    ReplyDelete
  15. insya Allah g ada yg tersinggung... :)

    ReplyDelete
  16. assalamualaikum.. selamat pagi, salam taaruf.. terima kasih diatas segala pemantauwannya.. insya-Allah semoga ianya memberi ikhtibar kpd kita sekelian.. yg tanpa menyedarinya.. agar Allah S.W.T memaafkan kesalahan yg tiada disengajakan...

    ReplyDelete
  17. wa`alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh... selamat pagi, salam ta`aruf kembali.
    Allahumma inna na`udzubika min `ilman laa yanfa`
    (Ya Allah kami berlindung kepada-Mua dari ilmu yang tiada bermanfaat). amiin.

    ReplyDelete
  18. tanya langsung ke eramuslim aja mas... :)
    atau tanya orang indonesia yg sempet nonto TV tanggal segitu.. ^_^;

    ReplyDelete
  19. Jejaring pertemanan indonesia, The Indonesian Social Network, FacebookNya Indonesia. Gabung yuk di http://www.kombes.com

    Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang http://www.kombes.com pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

    ReplyDelete
  20. Wah baru tahu nih soal "hoax", kirain apa gitu kok namanya kayak orang lagi masuk angin......wekekeke

    Kalo yang udah tahu ya spam itu. Tks infonya, emang harus waspada sama email dan berita-2 yg mengganggu gitu.

    salam,
    << wadahtupperware.multiply.com >>
    "Temukan tupperware products dari tupperware Indonesia yang unik & terbatas di sini!"

    ReplyDelete
  21. klo orang masuk angin namanya dikerox...heheh
    tks kembali bu... :)

    ReplyDelete
  22. Numpang promo ya :) yuk kunjungi https://goo.gl/7h1Jtt kalian bisa dapatkan jackpot hingga puluhan juta rupiah. Minimal deposit dan withdraw hanya Rp. 20.000 . Dapatkan bonus rolingan sebesar 0.3-0.5 dan dapatkan bonus referra sebesar 20%. Hanya di berkahpoker bank online 24 jam Non-stop.

    Untuk info lebih lanjut segera hubungi Custumer Service kami di :
    - BBM : 2B1A139
    - YM : BERKAHPOKER_CS
    - WECHAT : +85585411172

    ingin daftar langsung klik disini https://goo.gl/7h1Jtt

    ReplyDelete