Monday 27 August 2007

Hadits-Hadits Shahih Seputar Ramadhan (2)

6. Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda, "Apabila malam pertama bulan Ramadhan tiba, maka syaithan-syaithan dan jin ifrit dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup sehingga tidak ada satu pintu pun darinya yang dibuka. Dan pintu-pintu surga dibuka sehingga tidak ada satu pintu pun yang ditutup. Kemudia ada seorang penyeru yang berseru, `Wahai pencari kebaikan, sambutlah, dan wahai pencari kejahatan kurangilah. Dan Allah membebaskan orang-orang dari neraka, dan itu berlangsung setiap malam."
(HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, hadits hasan. Dan ada hadits yang serupa yang diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim)

7. Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda dalam hadits yang panjang, "..., Kemudian dia membawaku berjalan dan ternyata aku sudah bersama orang-orang yang bergantungan pada urat besar di atas tumit mereka, mulut mereka robek, dan robekan itu mengalirkan darah". Beliau bercerita, "kemudian aku katakan, `Siapakah mereka itu?` Dia menjawab, `Mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum tiba waktu berbuka...` "
(HR. an-Nasa`i, shahih)

na`udzubillah min dzalik.

8. Dari Abu Hurairah radhiallahu `anhu, Nabi shallallahu `alaihi wasallam, beliau bersabda, "Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, niscaya akan diberikan ampunan kepadanya atas dosa-dosanya yang telah lalu."
(HR. al-Bukhari dan Muslim)

9. Dari Abu Hurairah radhiallahu `anhu, bahwasannya Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam, beliau bersabda, "Barangsiapa shalat malam di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, niscaya akan diberikan ampunan kepadanya atas dosa-dosanya yang telah lalu."
(HR. al-Bukhari dan Muslim)

10.
Rasullulloh shallallahu `alayhi wasallam bersabda, yang artinya: “ Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka setiap siang dan malam dalam bulan Ramadhan, dan semua orang muslim yang berdo’a akan dikabulkan do’anya” (HR al-Bazzar, Ahmad, Ibnu Majah, hadits shahih)

11. Dari Abu Sa`id al-Khudri radhiallahu `anhu, dia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda, "Makan sahur mengandung berkah, maka janganlah kalian tinggalkan, meskipun dengan seteguk air; karena sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang bersahur."
(HR. Ahmad, shahih)

12. Dari Sahl bin Sa`id radhiallahu `anhu, bahwa Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda, "Manusia senantiasa berada dalam kebaikan, selama mereka bersegera berbuka."
(HR. al-Bukhari)

Maksud hadits ini segera berbuka ketika sudah waktunya lho.. :D


----------------------------

Maraji` :
1. Meneladani Shaum Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam, Pustaka Imam asy-Syafii
2. Hadits Shahih Keutamaan Amal Shalih, Najla Press

8 comments:

  1. jazakallah khair...ditunggu sambungannya...

    ReplyDelete
  2. waiyyaak....
    mudah-mudahan ada sambungannya.... (walaupun bkn berkenaan dg hadits lagi.. :)

    ReplyDelete
  3. Jazakumullah khairan katsiran tas bantuannya mencarikan hadist

    ReplyDelete
  4. arigatou gozaimasu .....atas ilmu2nya semoga memberikan manfaat bagi kita semua

    ReplyDelete
  5. dou itashimaste. :)

    semoga Allah memberikan kita ilmu yang bermanfaat.

    ReplyDelete