Thursday 9 August 2007

Mesjid di Jepang

Coret-coretan sekitar 3 tahun lalu nih...
Dimuat di http://www.pmij.org/index.php/content/view/156/

Berhubung ada Mesjid yg udah hilang (-_-), jadi direvisi sedikit..

------------------------------------------------------------------------

Mesjid di Jepang? Jangan salah, omotta yori ooi yo*! Setidaknya menurut penulis…..Emang sih sama sekali gak bisa dibandingin dengan jumlah mesjid-mesjid di Indonesia, tapi untuk ukuran Jepang sudah merupakan anugerah tersendiri. Terutama untuk daerah Tokyo. Bahkan ada mesjid-mesjid yang suasana di dalamnya gak kalah bahkan melebihi mesjid-mesjid di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini penulis akan coba memperkenalkan beberapa mesjid di Jepang. So, jangan ke mana-mana, tetap di halaman dan artikel yang sama….



1. Mesjid Otsuka. Lokasinya di Otsuka, Tokyo. Kegiatannya banyak, mulai dari kelas tafsir, kelas untuk anak-anak muslim, kajian Islam sabtu malam + makan-makan , camping musim panas, dll. Bisa dibilang sebagai salah satu mesjid yang paling padat kegiatannya. Pengurusnya banyak dari muslim Pakistan. Ada yang menarik dari mesjid ini, yaitu ketika mengadakan acara camping musim panas, saat itu muslimnya sebagian besar dari Pakistan, tapi muslimahnya sebagian besar dari Jepang. Nah lho?! Ngertikan maksudnya!?







2. Mesjid Hiroo. Lokasinya di Moto Azabu, Tokyo. Kegiatan yang menjadi andalan adalah kelas bahasa arabnya. Mesjid ini memang tergabung dalam komplek Institut Bahasa Arab Tokyo. Pengurusnya banyak dari muslim Saudi Arabia. Tapi ada satu ustadz Indonesia yang turut ambil peran di institut ini, namanya Ustadz Jaelani. Selain di institut, beliau juga banyak mengambil peran dalam kegiatan-kegiatan muslim Indonesia di Jepang. Mesjid ini merupakan favorit penulis, terutama pas ramadhan. Oh ya, Tokyo Tower terlihat cukup anggun dari pelataran parkir mesjid Hiroo. Zekkei desu*!

  1. 3. Mesjid Tokyo. Lokasinya di Shibuya-ku, Tokyo. Kegiatannya, gomen kuwashikunai* (^_^;). Pengurusnya banyak muslim Turki. Inilah mesjid yang paling berbentuk mesjid. Megah euy! Trus, denger-dengernya sih, lantai bawah dari mesjid ini lumayan ideal untuk penyelenggaraan pesta pernikahan. Bagi yang punya rencana ngadain di Jepang, boleh tuh….


4. Mushola SRIT
(Sekolah Republik Indonesia Tokyo)
. Lokasinya di Meguro-ku, Tokyo. Ini nih, tempat ngumpulnya muslim Indonesia, kalo KMII (Keluarga Masyarakat Islam Indonesia) lagi ngadain kegiatan. Lebih tepatnya bukan musholanya sih, tapi balainya SRIT. Karena musholanya kecil. Jadi kalo sholat jumat atau kegiatan-kegiatan KMII, biasanya yang dipakai adalah balainya.

5. Mushola Shin-Okubo
. Lokasinya di Shin-Okubo, Shinjuku-ku, Tokyo. Kegiatannya, ceramah ahad malam + makan-makan. Pengurusnya adalah muslim-muslim Myanmar. Yang menjadi poin dari mesjid ini adalah letaknya yang sangat strategis. Dikelilingi sekitar 4 toko halal, plus 1 restoran halal Thailand. Yang menarik, restoran halal tsb memakai system tabehoudai* setiap hari jumat untuk makan siang, dengan harga 1000 yen. Mengunjungi mesjid ini ibarat sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui.

6. Mesjid Hachiouji
. Lokasinya di Hachiouji, Tokyo. Mesjid ini berhubungan dekat dengan Mesjid Hiroo. Pengurusnya pun banyak muslim-muslim Saudi Arabia. Sebagai salah satu kegiatannya, mesjid ini membuka kelas bahasa arab gratis, setiap Sabtu malam. Dengan pengajar native…so, tunggu apalagi?! Udah gratis, pengajarnya native lagi. Klo penulis sih, nunggu pindah ke Tokyo…hehe.

7. Mesjid Ueda
Lokasinya di Ueda-shi, Nagano-ken. Baru sekali ke mesjid ini. Muslim Pakistan yang kaya kaya  membeli bekas kantor dan dijadikan mesjid. Kegiatan utama yang cukup menonjol adalah pengajian tuk muslimah jepang (istri para muslim pakistan). Pengajarnya didatangkan dari Tokyo, bekerjasama dengan Mesjid Otsuka. Ohya, setiap selesai sholat Jumat ada makan bareng di lantai 1.

8.
Mesjid Shin-Anjou. Lokasinya di Shin-Anjou, Aichi. Kegiatannya, yang penulis tahu cuma ceramah plus makan-makan hari Sabtu malam. Pengurusnya banyak dari muslim-muslim Pakistan-Bangladesh. Di sekitar lokasi mesjid, setidaknya terdapat 2 toko halal. Yang sangat mengesankan penulis adalah membludaknya jumlah jamaah di Sabtu malam. Berdesak-desakan, kayak lagi sholat tarawih di malam-malam awal Ramadhan...Pikiran bahwa sedang berada di suatu mesjid di negeri seperti Jepang seakan hilang!

9. Mesjid Kobe. Salah satu mesjid yang paling terkenal di Jepang ini, lokasinya di Kobe, Hyougou-ken. Tetap tegak meskipun Kobe diserang ketika Perang Dunia II. Kegiatannya dan pengurusnya…..gomen, kuwashikunai*(^_^;). Cuma pernah 2 kali sholat di mesjid ini. Yang pasti imamnya orang keturunan Arab. Di depan mesjid ini terdapat toko makanan halal. Dari stasiun kereta terdekat kalo ke mesjid ini, suasana malamnya cukup ramai dan menggoda. Jadi ati-ati jangan sampai berubah niat kalo mengunjungi mesjid ini.











Demikian perihal mesjid-mesjid di Jepang yang bisa penulis berikan. Tentu saja selain yang di atas masih banyak mesjid-mesjid lain di Jepang. Di antaranya Mesjid Asakusa (Asakusa, Tokyo), Mesjid Ohanajaya (Yotsuki, Tokyo), Mesjid Niigata (Niigata-ken), Mesjid Gyoutoku (Chiba-ken), Mesjid Ebina (Ebina-shi, Kanagawa-ken), Mesjid Sakai Machi (Sakai Machi, Gunma-ken), Mesjid Ichinowari (Kasukabe-shi —tempat tinggalnya Crayon Sinchan!!--, Saitama), Mesjid Nagoya (Nagoya-shi, Aichi), Mesjid Niihama (Niihama-shi, Ehime-ken), dan yang lainnya.

Hmm…lumayan kan jumlahnya?! So, buat kamu-kamu yang mau ke Jepang, nanti kalo di Jepang jangan lupa tuh kunjungin Rumah-rumah Nya. Hitung-hitung nambah pengalaman, sambil merasakan universalnya Islam, iya gak!?

 ::::::::::::::::::::::


Terjemahan bebas

  • omotta yori ooi yo : lebih banyak dari perkiraan lho
  • Zekkei desu : pemandangannya mantap
  • gomen, kuwashikunai : maaf, tidak tahu detail
  • tabehoudai : makan sepuasnya (buffet)

26 comments:

  1. insyaAllah... :-) doakan ya Mas..

    ReplyDelete
  2. semoga Allah memberikan yang terbaik buat antum.

    ReplyDelete
  3. kalo ada tiket lebih untuk pp ke jepang bilang-bilang ya...

    ReplyDelete
  4. hehehe....
    antriannya sudah penuh dengan keluarga saya, mas Avi... :D

    ReplyDelete
  5. ii yo ne..
    kalau gitu aku bleh pergi dgn senang ya..ngak perlu risau lagi..
    takut bangat lo..

    ReplyDelete
  6. wah banyak acara2 makan2nya
    asyik makan gratis

    ReplyDelete
  7. boleh kamu hantar pada saya lebih banyak tentang cara hidup orang Islam di jepang?Islamjin no seikatsu?supaya aku bisa yakinni bunda aku untuk kesana..bisa kan?

    ReplyDelete
  8. yup, salah satu daya tarik mesjid2 di Jepang adalah makan gratis...
    klo dah masuk bulan ramadhan, bisa gak keluar uang makan sama sekali krn ada mesjid yg nyediain sahur dan berbukan sebulan penuh :D

    ReplyDelete
  9. sila bila ada pertanyaan, insya Allah saya cuba jawab...
    selain itu, ada situs yang bagus tentang islam dekat jepun, yaitu di www.pmij.org .. di sana banyak tertulis nihon de no islam kyouto (bukan islamjin) no seikatsu

    tapi saya tidak menganjur-anjurkan tuk datang ke jepun ya, hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan sahaja .. :-)

    ReplyDelete
  10. subhanallah,..masyaAllah,.. langsung merinding pas liat Masjid Kobe setelah di bom,..padahal dah pernah liat sebelumnya,...

    ReplyDelete
  11. jadi inget masjid baiturrahman banda aceh pasca tsunami.... :)

    [mantan penduduk banda aceh]

    ReplyDelete
  12. Mudah-mudahan aku bisa ke Jepang yach....

    ReplyDelete
  13. semoga Allah memberikan yang terbaik.

    ReplyDelete
  14. tambahan masjid di yokohama yang baru itu,tuh. bersih... baru soalnya.
    keadaannya 1 tahun lagi akan menjadi bukti seberapa besar perhatian umat muslim pada masjid2 di negeri ini,ya... (karpetnya bau,g... AC nya nyala,g... WCnya bersih,ga... )
    tempat paling tenang untuk gaul di jepang... bukan karaoke box or shibuya...
    tapi mesjid,deh.

    ReplyDelete
  15. gimana cara kamu ke jepang? (jangan jawab"naik pesawat" ya...)

    ReplyDelete
  16. mau jawab "naik pesawat" udah dilarang duluan....
    hmm... saya ke jepang ikut salah satu program beasiswa yg ada, alhamdulillah..

    ReplyDelete
  17. hahaha... saya jadi inget keheranan teman SMU saya...
    ketika saya bilang lulus wawancara, dia tanya , "wawancaranya pake bahasa apa?", saya jwb, "inggris".. trus dia bilang, "haaah?! syaikhul bisa lulus wawancara pake bhs inggris??"

    it`s not about "pintar", it`s about "luck", i think...

    ReplyDelete
  18. pantasnya sih basicnya pintar eehhh...factor luck jg..klop lah ya mas..da kbr bagus.skitar Juni 2008 ini akan dimulai pmbangunan masjid di GIFU ken.sy prnh mngkuti pmaparan draft ny..wah bakalan bagus,luas,dan da skolah utk anak2 jg.smg pmbangunan lancar dan lekas bs d gunakan.amiin

    ReplyDelete
  19. saya juga pernah lihat pengungumannya.. sepertinya akan bagus jadinya.. semoga Allah memudahkan. :)

    ReplyDelete
  20. Subhanaallah tidak menyangka di jepang islam mulai berkembang ya... mudah-mudahan lebih banyak lagi yang memeluk agam islam AMIN..

    ReplyDelete
  21. iya mbak, alhamdulillah..
    turut mengaminkan doa di atas.

    ReplyDelete
  22. SUBHANALLAH
    KEREN............................................

    ReplyDelete