Monday 12 October 2009

Bulan Sabit Merah Indonesia

Bulan Sabit Merah Indonesia dideklarasikan tahun 2002. Alhamdulillah, negara yang berpenduduk mayoritas muslim ini akhirnya memiliki BSMI.


Turki aja yang sekuler punyanya cuma Bulan Sabit Merah... :)

-----------------------------------------------------

http://indonesianredcrescent.wordpress.com/

------------------------------------------------------

..............

.........................

Eksistensi BSMI sempat teruji ketika terjadi perang Irak pada tahun 2003 dimana terdapat tawanan Indonesia yang menjadi korban konflik antara Irak dengan Amerika Serikat, BSMI diminta bantuan oleh Departemen Luar Negeri untuk berpartisipasi dalam pembebasan tawanan Indonesia tersebut dan akhirnya BSMI bersama Departemen Luar Negeri bersama-sama bekerja dan menjalin hubungan baik hingga saat ini. 

Kejadian tsunami Aceh memberikan pengaruh besar juga terhadap eksistensi BSMI. Tahun 2005 BSMI mendapat tempat khusus oleh Komisi VIII DPR RI karena diminta pendapat dan masukan terhadap RUU Penanggulangan Bencana yang kini sudah diundangkan. Ditahun yang sama pula itulah, melalui Departemen Hukum dan HAM, pemerintah mengajukan RUU Lambang Palang Merah dan dibahas di Komisi III DPR RI. Sementara dari subtansi pengajuan RUU tersebut jelas bahwa kepentingan Palang Merah Indonesia sangat diakomodir oleh pemerintah (lihat hal. inilah RUU Lambang Palang Merah)

..............................

...................


2 comments:

  1. Alhamdulillah di Tarakan sekarang juga sdh ada cabangnya.

    Semoga BSMI cabang Tarakan bisa memberikan kontribusi yang banyak untuk Ummat.

    ReplyDelete