Friday 13 November 2009

Facebook dan Intelejen Israel?

Menarik juga kerja intelejen mereka. Analisa kata dan ekstrak informasi dari internet? Kayaknya perlu tuk dipelajari :)

Btw, di tahun-tahun awalnya facebook tidak memberikan pilihan negara palestina bagi membernya. Setelah diprotes rame-rame, baru pilihan itu ada. Tanya kenapa?

---------------------------------------------------------------------------------------

sumber : http://www.knrp.or.id/kajian/israel-as-kendalikan-facebook.htm

KNRP – Sebuah media Perancis menerbitkan sebuah laporan mendalam terkait situs facebook yang disebutnya sebagai situs agen intelejen Israel yang misinya untuk merekrut agen dan mata-mata untuk Israel.

Laporan yang dipublikasikan oleh majalah Loma Ghazin Desraell itu berisi informasi- informasi tentang cara-cara terbaru spionase yang dilakukan oleh intelejen Israel dan CIA dengan menggunakan orang-orang biasa yang tidak tahu bahwa mereka itu tengah melakukan misi yang berbahaya, karena mereka mengira bahwa yang mereka tengah lakukan hanya sedang mengisi waktu luang saja dengan berada di depan situs chating dan berbicara tentang hal-hal yang mungkin tampak tidak penting, bahkan kadang-kadang sangat sepele.

Laporan majalah Yahudi yang diterbitkan di Prancis itu banyak mengutip informasi penting dan rahasia dari situs facebook setelah majalah itu mampu mengumpulkannya melalui sumber-sumber Israel, dan majalah itu menyebutnya sebagai informasi- informasi yang 'terpercaya'.

Informasi-informasi yang terungkap di majalah itu membuat Pemerintah Israel dan jalur-jalur diplomatiknya terkejut, sampai-sampai Duta Besar Israel di Paris menuding majalah Yahudi itu telah membuka rahasia yang tidak layak diungkapkan kepada musuh, karena materi subjeknya itu tidak hanya sampai di situ, tapi semua orang mulai mencari keberadaan intelejen yang disebut dengan "intelejen internet."

Laporan majalah Yahudi itu menunjukkan keraguan lebih lanjut ihwal pengambilan manfaat Israel dari sejumlah besar informasi yang tersedia dari para pengguna facebook asal dunia Arab dan Islam, dan demikian juga analisanya dan pembentukan citra intelejen dari kaum muda Arab dan dunia Muslim.

Hal berbahaya dalam hal ini adalah, bahwa anak muda Arab pemuda terpaksa menggunakan nama samaran tanpa merasa bahwa ia membuat rincian penting tentang hidup, kehidupan anggota keluarga, informasi tentang pekerjaan dan teman-temannya di sekitar dia, foto-foto dan informasi pribadi sehari-harinya dimana pihak manapun boleh mengetahui tentang detail dunia pemuda arab.

Gerald Nero, seorang profesor dari Fakultas Psikologi Universitas Aix-en-Provence Perancis, yang juga penulis buku ‘Resiko dari Internet’, jaringan facebook itu telah diungkapkan tentangnya rahasianya, khususnya pada Mei 2001 yang dinilai sebagai kelompok jaringan yang dijalankan oleh para pakar psikolog Israel untuk memecah belah dan merekrut anak muda di dunia ketiga dan khususnya mereka yang tinggal di negara-negara yang terlibat konflik dengan Arab-Israel dan juga untuk Amerika Selatan.

Gerald mengatakan, mungkin saja beberapa pengguna internet merasa yakin bahwa dirinya tengah berbicara dengan jenis manusia yang lembut, dimana itu dinilai sebagai sebuah kepastian bahwa dirinya dan lawan bicaranya itu jauh dari kecurigaan politik, lalu sementara fakta menyebut chating itu sebagai sarana yang berbahaya untuk mengeksplorasi depresi serius dari mental, dari sana terungkaplah poin-poin lemah yang sulit untuk dideteksi dalam chating reguler lainnya, hal ini membuat lebih mudah untuk "merekrut" agen-agen itu yang didasarkan dari perbincangan sangat khusus di chating itu, dimana itu dianggap sebagai cara termudah untuk menangkap orang dan melibatkannya ke dalam dunia dimana ia bekerja sebagai intelejen sampai ia berada di dunia peragenan.

Situs facebbok sendiri mulai merekam lebih dari satu juta anggota per bulan, dengan memajang informasi tentang para anggotanya secara terbuka di search engine di internet seperti di Google dan Yahoo, sebagai upaya masuk secara cepat dalam persaingan membangun direktori elektronik global sebesar mungkin yang berisi informasi dan data pribadi seperti data pribadi nomor telepon dan sarana lainnya dari contact person, hobi dan bahkan informasi tentang teman-teman mereka. Untuk sekarang saja telah bergabung sekitar 200 ribu orang setiap harinya di facebook yang penggunanya telah mencapai 42 juta orang. Demikian seperti informasi dari situs itu facebook sendiri.

Musuh Tersembunyi

Informasi yang diterbitkan oleh mediaYahudi di Perancis itu sama persis dengan informasi yang ada di koran Fact International, edisi 111, pada 9 April 2008.

Laporan Fact International yang berjudul ‘Musuh Tersembunyi’ itu menegaskan bahwa revolusi informasi yang membuat dunia kita sebuah desa kecil disertai dengan revolusi—revolusi lainnya menjadikan dari desa itu diatur oleh kekuatan desentralisasi yang lebih dekat layaknya gel, yang memengaruhi realitas namun ia tidak terpengaruh oleh realitas..

Laporan ini mengatakan bahwa interaktif online setelah itu menyebar secara global, maka ia membentuk salah satu yang paling penting dari lengan kekuatan desentralisasi itu yang mulai mengubah dunia setelah sebelumnya internet itu tempat anak muda untuk mengekspresikan mengenai masalah-masalahnya, ketiadaan, subordinasi dan marginalisasi, dan menjadikan ekspresinya itu menyebar secara horizontal dan secara dramatis dalam penyebaran ide-ide dan berinteraksi dengannya dalam cakupan dunia Arab dan internasional.

Demikian juga penggunaan kekuatan desa kecil itu masih menjadi alasan masuk akal untuk sebuah perubahan pada realitas rakyat dan mungkin politik, seperti yang terjadi di Mesir adanya seruan pembangkalan sipil yang diposting pada situs facebook dan upaya kelompok homoseksual di Yordania untuk mengorganisir diri mereka sendiri melalui pertemuan-pertemuan yang dilakukan di situs yang sama dengan gagasan dan tema yang terungkap secara terang-terangan.

Alat Kontrol Baru

Alat penjajahan dan perubahan, yang dimiliki oleh kekuatan besar yang dikenal dunia selama bertahun-tahun, kini bermetamorfosis menjadi alat-alat baru yang menjadikan saluran-saluran interaktif itu di situs web sebagai sarana yang efektif untuk mengontrol akses ke perubahan yang diperlukan, dan terkait itu hanya perlu ide-ide dan ajakan-ajakan yang dipublikasikan di situs seperti facebook yang dikelola oleh dinas keamanan Amerika dan Israel.

Demikian juga ada prasangka dari dunia Arab bagaimana Israel memanfaatkan sejumlah besar informasi yang tersedia untuk pengguna dari dunia Arab dan muslim yang ada di situs facebook, dan mereka melakukan analisis dan membentuk citra intelejen pada anak muda Arab dan Muslim yang dengan itu dapat menggerakkan kondisi lapangan Arab.

Tak aneh lagi bahwa Israel berpengalaman dalam memanfaatkan teknologi informasi. Institusi keamanan dan intelijen mereka punya pengalaman panjang dan kaya di bidang ini, dan mereka mampu mengumpulkan informasi apapun yang diinginkan setiap saat dari anak muda Arab, yang merupakan jumlah terbesar dan energi dalam konfrontasi di masa depan.

Akibatnya, pemuda Arab dan Islam masih menjadi "mata-mata" tanpa mereka sadari dimana mereka memberikan informasi penting kepada Israel atau intelejen Amerika, terutama karena itu telah menjadi mudah dan hanya mengharuskan orang itu bisa masuk ke internet, khususnya chat room, dan berbicara selama berjam-jam dengan orang yang tidak tahu pada setiap subyeknya, bahkan dalam seks sembari ia percaya bahwa itu hanya untuk membuang-buang waktu saja dan untuk hiburan, tapi ia tidak tahu bahwa di sana ada menganalisanya setiap kata yang tertulis, lalu mereka mengekstrak informasi yang diminta tanpa orang itu merasa bahwa ia telah menjadi mata-mata dan agen intelejen Israel atau Amerika.

Ada banyak otoritas Israel yang konsen untuk menganalisis apa yang dikeluarkan dan diterbitkan di dunia Arab dan menindaklanjutinya yang di masa lalu melalui analisa halaman koran Mesir tentang jumlah korban tewas selama perang (56, 67 dan 73). mereka mampu mengumpulkan data tentang militer Mesir dan unit-unit sosial serta ekonominya, yang menyebabkan larangan pempublikasian jumlah korban tewas di kalangan personil militer dalam masa perang kecuali setelah persetujuan dari pihak militer.

Sumber-sumber Israel menunjukkan bahwa analisa material loran-koran Mesir memberikan kontribusi dalam menentukan awal perang 1967, ketika koran-koran itu menerbitkan berita investigasi yang di dalamnya melaporkan bahwa tentara sedang mempersiapkan untuk acara buka bersama yang akan dihadiri oleh para perwira dari berbagai level pada pukul sembilan pada pagi hari pada 5 Juni 1967.(milyas/maannews)
 

---------------------------------------------------

Infaq Palestina :

KNRP : BSM (Bank Syariah Mandiri)
Cabang Kelapa Gading, Rekening No. : 18.000.222.10 an. Komnas untuk Rakyat Palestina


KISPA : Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Slipi
No. 311.01856.22 an. Nurdin QQ Kispa

14 comments:

  1. mungkin bukan cuma Facebook mas, bahkan keseluruhan internet sudah ada di tangan mereka :(

    btw, jadi ingat hadits yang menyatakan bahwa umat Islam di akhir jaman nanti akan seperti hidangan di atas meja makan, siap disantap musuh2nya*

    *mohon dikoreksi bila salah

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sharing artikelnya...saya juga newbi di dunia FB....baru aja gabung, karena penasaran aja....FB memang pas buat nyebarin isu, karena saya lihat banyak yang langsung comment dengan isu yang dibaca.....:(

    ReplyDelete
  3. kadang saya prihatin melihat status banyak teman yang notabene muslim di fb. belum lagi yang mau-mau saja ikut aneka kuis bego, aplikasi maya kayak anak kecil yang baru dapat mainan. anyway, saya sudah mendelete semua foto keluarga di fb. tapi fb tetap ada manfaatnya, selain mudaratnya memang besar (menurut saya).

    ReplyDelete
  4. kalo ditimbang, banyakan mana kah?
    manfaatnya atau madhorotnya?
    -dari lelaki yg sampe saat ini blm punya fb dikala dunia mendadak fb-

    ReplyDelete
  5. klo masih "mungkin", kita sikapi sbg mungkin, klo sudah ada data/fakta, kita sikapi sbg data/fakta. That's how we act :)

    ttg hadis yg antum maksud, ini lengkapnya..

    "Artinya : 'Telah berkumpul umat-umat untuk menghadapi kalian, sebagaimana orang-orang yang makan berkumpul menghadapi piringnya'. Mereka berkata : Apakah pada saat itu kami sedikit wahai Rasulullah ? Beliau menjawab : 'Tidak, pada saat itu kalian banyak, tetapi kalian seperti buih di lautan, dan Allah akan menghilangkan rasa takut dari dada-dada musuh kalian kepada kalian, dan Allah akan menimpakan pada hati kalian penyakit Al-Wahn'. Mereka berkata : Apakah penyakit Al-Wahn itu wahai Rasulullah?. Beliau menjawab :'Cinta dunia dan takut akan mati". [Hadits Shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud (4297), Ahmad (5/287), dari hadits Tsaubah Radhiyallahu anhu, dan dishahihkan oelh Al-Albani)

    ReplyDelete
  6. trims kembali, ummu salma... :)
    ya, sepertinya banyak orang mudah digerakkan oleh isu2 di fb...

    ReplyDelete
  7. setuju mbak Nes, memang tergantung timbangannya :)
    dan setuju juga ttg kemudharatan di fb.
    berita ttg fb lumayan sering muncul dbanding yg lain. mulai dari caci-maki yg berbuntut polisi, sampai suami yg menuntut istrinya krn slingkuh gara2 fb.. :(

    ReplyDelete
  8. kalo saya ditanya : kamu lebih suka mana, orang yang aktif di fb atau tidak, saya jawab : yang tidak :-). kalau anak-anak minta dibuatkan account di fb (anak tertua saya, kelas lima) saya jawab : apa pentingnya? banyak orang gila dan menjadi gila di fb. katanya sih, guru dan teman-temannya rata-rata fb-an. saya bilang, fb itu sarana 'kumpul' buat yang jauh, kalau kalian ketemu tiap hari di sekolah, kenapa masih perlu ketemu di fb? seram dan eneg ngeliat orang update status via hape, di mana saja, apa saja, kapan saja. ada 200-an kontak saya, cuma 10-15 orang yang saya biarkan unhide postingannya, yaitu keluarga dekat sekali dan teman yang tidak ngaco :D. belakangan saya ngerti kekhawatiran ulama yang mengeluarkan fatwa haramnya fb. memang berbahaya. terutama buat mereka yang belum kuat pegangannya, gampang sekali terbawa arus.

    ReplyDelete
  9. trims atas sharingnya, mbak Nes...
    menarik :)

    ReplyDelete
  10. btw, skarang banyak juga buku tentang fesbuk, seperti yang satu ini

    ReplyDelete
  11. namanya juga sdh membudaya, sangat wajar jika buku2 bermunculan.. :)

    ReplyDelete
  12. si mark facebook bukannya orang yahudi??

    ReplyDelete
  13. bukan hanya orang yahudi tu mah, tapi anggota klompok pendukung zionisme...

    ReplyDelete