Monday 16 November 2009

It is Swiss....

DOHA (SuaraMedia News) – Swiss menjadi negara Barat paling baru yang bergabung dalam ledakan sistem keuangan Islam, menawarkan serangkaian produk dan layanan perbankan, harian Qatar The Peninsula melaporkan pada hari Jumat, 13 November.

“Kami bangga menjadi bank swasta Swiss pertama yang menawarkan kesempatan keuangan Islam secara menyeluruh pada kawasan Timur Tengah dan pada skala global,” ujar  Fidelis M Goetz, Kepala Divisi Perbankan Bank Sarasin, saat konferensi pers di Museum Seni Islam di Doha.

Bank tersebut akan menawarkan satu spektrum penuh produk dan layanan perbankan Syariah untuk para klien.

Ini  meliputi  “penjualan menguntungkan” Murabaha, “kesepakatan berdasarkan kepercayaan antara dua pihak” Wakala, dan “produk berstruktur Islami yang berdasar pada Murabaha atau serangkaian transaksi Murabaha” Maraya.

“Peluncuran penawaran manajemen kekayaan Islam kami ini mencerminkan komitmen kami untuk melayani berbagai kebutuhan klien,” ujar Goetz.

Islam melarang kaum Muslim dari riba, menerima atau membayar bunga pinjaman.

Transaksi oleh bank-bank Islam harus didukung dengan adanya aset-aset nyata, bukan paket hipotek semu.

Kesepakatan keuangan Syariah menyerupai pengaturan sewa untuk memiliki, rencana pelepasan, pembelian gabungan, dan kesepakatan penjualan.

Para investor memiliki hak untuk mengetahui bagaimana dana mereka digunakan, dan sektor ini diawasi oleh dewan pengawasan serta petugas regulator nasional.

Bank Swiss, bank swasta terdepan dengan jejak internasional yang luas, berharap memperoleh bagian dari pasar keuangan Islam yang sedang berkembang ini.

“Kami telah melihat dalam beberapa tahun terakhir ini bahwa kami telah berada dalam kepentingan nyata kawasan untuk layanan-layanan ini,”ujar Goetz.


selengkapnya : suaramedia

kakko ii version : islamonline :)

6 comments:

  1. mantab! the rise of Islam in Europe.

    ReplyDelete
  2. cuma aturan masalah ibadah yang eksklusif untuk muslim. Sisanya, open source, siapapun bisa menggunakan..

    ReplyDelete
  3. yup, islam will rise, with or without us...
    we prefer to be the part, arent we?! :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, Shariah Finance sudah membuktikan dengan performance-nya sehingga mereka yang Noni pun tertarik untuk melaksanakannya.

    ReplyDelete
  5. walhamdulillah...
    yang muslim jangan sampe ketinggalan... :)

    ReplyDelete