Monday 9 January 2012

Perbedaan Madu Hutan dengan Madu Ternak

Perbedaannya :

Jenis lebah, Madu hutan berjenis lebah Apis dorsata sedangkan madu ternak berjenis Apis cerana atau apis melifera. Lebah madu hutan lebih ganas di bandingkan dengan madu ternak. Perbedaan jenis lebah ini mengakibatkan adanya perbedaan jenis sarang serta rasa dan warna yang dihasilkan oleh lebah tersebut.

Perlakuan Lebah, karena lebah madu hutan terkenal cukup ganas maka sampai saat ini lebah jenis Apis dorsata belum bisa ditangkarkan. Lebah berjenis pis cerana atau apis melifera lebih jinak dan masih bisa bersahabat dengan manusia.

Standar kandungan air, Kadar air yang terdapat di madu hutan lebih tinggi dibandingkan dengan kadar air madu ternak. Hal ini disebabkan oleh lingkungan terbuka hutan dengan sarang ditempat terbuka pula. SNI kadar air untuk madu ternak sebesar 21% sedangkan madu hutan 24%.

Rasa Madu, rasa madu ternak masih bisa ditentukan berdasarkan nehktar yang dimakan oleh lebah. Rasa madu ternak biasa tergantung dari keberadaan pohon dan bunga yang ada dilokasi peternakan, sehingga ada madu dengan rasa lengkeng dll. Untuk madu ternak rasa tidak bisa ditentukan karena lebah bebas memakan bunga nehktar yang mereka inginkan.

Khasiat, Khasiat madu hutan lebih bagus dibandingkan dengan madu ternak. Hal ini disebabkan oleh variasi bunga nehtar yang dimakan oleh lebah, bunga yang dimakan lebah juga terhindar dari pestisida. Khasiat madu hutan juga lebih unggul karena perjalanan lebah madu hutan lebih jauh dibandingkan dengan madu ternak. Madu hutan bisa menempuh perjalan ribuan kilometer sebelum sari madu dikeluarkan dari perut lebah. Madu ternak hanya menghasilkan sari madu dari perjalanan pendek yang hanya mengelilingi pertenakan buatan manusia.


sumber: sumbawanews.com



Madu Hutan Murni berkualitas bisa didapatkan di SINI


No comments:

Post a Comment