Saturday 1 March 2008

Kartu...

Sebuah hadits yg terkenal di kalangan ulama dengan sebuatan hadits bithaqah atau hadits kartu. Teringat kiriman seorang saudara di friendster bbrp waktu yg lammmmpau :)

------------------------------------------

Rasulullah shalallahu a'alaihi wa sallam bersabda :

"Salah seorang dari ummatku dipanggil dihadapan seluruh makhluk pada hari kiamat. Lalu dibentangkan baginya 99 lembar catatan (keburukan). Masing-masing catatan panjangnya sejauh mata memandang.

Kemudian dikatakan, "Apakah kamu mengingkari sebagiannya ? Apakah penulis-penulisKu yang mencatat telah menzhalimi dirimu ?".

Orang itu berkata, "Tidak wahai Rabbku."

Dikatakan kepadanya, "Apakah kamu memiliki alasan, atau suatu kebaikan ?"

Dengan takut ia menjawab, "Tidak"

Lalu dikatakan, "Akan tetapi, kamu mempunyai suatu kebaikan di sisi Kami, dan hari ini kamu tidak akan dizhalimi."

Lalu dikeluarkanlah untuknya sebuah bithaqah (kartu kecil), di dalamnya terdapat kalimat "Asyhadu an laa ilaha ilallahu, wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah. "

Lalu orang itu berkata, "Wahai Rabbku, apalah artinya satu kartu yang kecil ini dibanding catatan-catatan (keburukan)itu ?".

Dikatakan kepadanya, "Sesungguhnya kamu tidak akan dizhalimi. "

Lalu catatan-catatan itu diletakkan di daun timbangan, dan kartu itu diletakkan di daun timbangan yang lain, ternyata catatan-catatan itu lebih ringan dan kartu itu lebih berat "

(HR. at-Tirmidzi, dishahihkan Syaikh al-Albani)

2 comments:

  1. subhanallah,maha besar Tuhan Yang Esa.kartu tersebut walw kecil selembar,bs mmberi ptunjuk pd kita smua,betapa besar syafaat nabi besar Muhammad Sholallohu Alaihi wa Salaam,kepada umatnya.dan smg kita termasuk umat yg mndapatkannya.amiin.

    ReplyDelete
  2. betul mas Swarna, selain tauhid yg bisa menyelamatkan kita dari api neraka, syafaat Nabi shallallahu `alaihi wasallam kpd umatnya (dg seizin Allah) juga bs menjadi penyelamat.

    ReplyDelete