Saturday 23 May 2009

Universitas Unggulan Islam Abad 12-16 Masehi

Ke mana para pelajar Muslim di abad ke-12 hingga 16 M menimba ilmu? Universitas Sankore, pasti jawabannya. Tinta emas sejarah peradaban Islam mencatat perguruan tinggi yang berada di Timbuktu, Mali, Afrika Barat, itu selama empat abad lamanya sempat menjelma menjadi lembaga pendidikan berkelas dunia.

Meski tak setenar Universitas Al-Azhar di Mesir dan Universitas Al-Qarawiyyin di Maroko, pada era kejayaan Islam Universitas Sankore telah menjadi obor peradaban dari Afrika Barat. Laiknya magnet, perguruan tinggi yang berdiri pada 989 M itu mampu membetot minat para pelajar dari berbagai penjuru dunia Islam untuk menimba ilmu di universitas itu.

Pada abad ke-12 saja, jumlah mahasiswa yang menimba ilmu di Universitas Sankore mencapai 25 ribu orang. Dibandingkan Universitas New York di era modern sekalipun, jumlah mahasiswa asing yang belajar di Universitas Sankore pada sembilan abad yang lampau masih jauh lebih banyak. Padahal, jumlah penduduk Kota Timbuktu di masa itu hanya berjumlah 100 ribu jiwa.

Penulis asal Prancis, Felix Dubois dalam bukunya bertajuk, Timbuctoo the Mysterious, Universitas Sankore menerapkan standar dan persyaratan yang tinggi bagi para calon mahasiswa dan alumninya. Tak heran jika universitas tersebut mampu menghasilkan para sarjana berkelas dunia.Universitas Sankore diakui sebagai perguruan tinggi berkelas dunia. Karena, lulusannya mampu menghasilkan publikasi berupa buku dan kitab yang berkualitas. Buktinya, baru-baru ini di Timbuktu, Mali, ditemukan lebih dari satu juta risalah. Selain itu, di kawasan Afrika Barat juga ditemukan tak kurang dari 20 juta manuskrip.Jumlah risalah sebanyak itu dengan tema yang beragam....


sumber: republika online

foto : pintu gerbang univ sankore (wikipedia, creative commons copyright)

11 comments:

  1. kabarnya islam di afrika selatan juga maju. sekarang banyak universitas dan pesantren disana. punya infonya?
    makasih

    ReplyDelete
  2. kabarnya islam di afrika selatan juga maju. sekarang banyak universitas dan pesantren disana. punya infonya?
    makasih

    ReplyDelete
  3. wah...subhanallah...
    saya baru dpt fakta lain ttg timbuktu.

    selama ini taunya timbuktu itu kota pdang pasir di ujung dunia tempat donal bebek melarikan diri dari paman gober...

    tfs

    ReplyDelete
  4. Gara-gara ditanya jadi tertarik ngubek kolam google.. :)

    Tampaknya memang (sedang?) maju. Meskipun minoritas, lembaga pendidikan islam cukup eksis di sana. Bahkan ada yg menawarkan program2 kpada mahasiswa2 malaysia.

    Menariknya, salah satu tokoh islam Afrika Selatan berasal dari Makasar, dan tentu saja sekarang keturunan Makasar masih ada di sana. Syaikh Yusuf Tajul Khalwati -tokoh tersebut- adalah pejuang Makasar yg diasingkan belanda ke Afrika Selatan.

    ReplyDelete
  5. sama, mbak. saya juga baru tahu setelah membacanya.
    tfc

    ReplyDelete
  6. nasib ke dua univiversiatas besar itu bagaimana saat ini? Masih kha bisa mengalahkan Univ yg no 1 di dunia itu?

    ReplyDelete
  7. Klo mengalahkan kykny gak, akhi...
    tp masih eksis sepertinya.

    ReplyDelete
  8. wah aku br tau ada universitas islam yg unggulan selain Al-Azhar

    ReplyDelete
  9. bedanya dg al-azhar mgkn al-azhar lebhi eksis...

    ReplyDelete