Thursday 16 July 2009

Dakwah Keuangan Syariah Jalan Terus...

Ayo bergabung!!
Masih diperlukan banyak laskar-laskar ekonomi (keuangan) islam nih...

Terutama bagi yg punya spesialisasi ekonomi dan keuangan, kayaknya agak gimanaaa gitu klo anda tidak memahami ekonomi (keuangan) syariah dan menyebarkannya.

Nih, berita keren tentang perkembangan keuangan syariah:

---------------------------------

University Bank yang dipimpin oleh Stephen L Ranzini mulai melayani transaksi syariah saat dirinya kedatangan tamu tak diundang delapan tahun silam. Di 2001 saat University Bank memenangkan penghargaan nasional untuk pelayanan komunitas, seorang pria bersikukuh menemui dirinya dan mengajukan sebuah pertanyaan. “Jika bank anda sangat bagus dalam pelayanan komunitas, mengapa anda tak melayani komunitas saya?,” kata pria tersebut yang merupakan seorang muslim. Michigan bagian tenggara memang merupakan konsentrasi komunitas Arab-Amerika terbesar di Amerika Serikat.

Saat itu Ranzini menjelaskan banknya juga melayani banyak nasabah muslim. Namun jawabannya tak memuaskan pria tak dikenal itu. Pasalnya walau University Bank juga melayani nasabah muslim, bank tersebut menerapkan bunga bagi nasabahnya. Hal inilah yang ditentang oleh pria tersebut karena penerapan bunga di bank tak sesuai dengan prinsip ekonomi syariah yang mengharamkan bunga. Ketika itulah Ranzini, yang merupakan penganut Katolik Roma, mendapat penjelasan singkat selama 10 menit tentang keuangan Islam dari pria tersebut.

Kejadian itu pun mengubah sistem konvensional University Bank menjadi bank terdepan secara nasional yang bergerak khusus di keuangan Islam. Berkat kegigihan dalam menerapkan prinsip syariah University Bank memenangkan penghargaan dari Asosiasi Bankir Amerika atas pelayanannya kepada nasabah muslim.University Bank kini memiliki produk-produk keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah. Hingga sekarang University Bank telah menyalurkan pembiayaan pemukiman dan real estate sebesar 80 juta dolar di 15 negara bagian.

---------------------------------------------------------

Berita lengkapnya

9 comments:

  1. wah.. bagus infonya tuh.. lengkapnya bisa diakses dimana ya?
    punya fesbuk kah? kalo tidak biar ane bantu infokan via RT

    ReplyDelete
  2. lengkapnya bisa diakses di link yg tertulis di bawah artikel, ukht..

    ana agak kurang2 suka dg fesbuk... :)

    ReplyDelete
  3. jzk.. wakatta.. kalo ana cause RT dan buka jaringan, ada amanah baru soalnya.. Nah. mau tak mau..

    ReplyDelete
  4. boleh di share di fesbuk Rt kan?

    ReplyDelete
  5. boleh-boleh.... :)
    mazhab boleh beda, yg penting perjuangan sama... :)

    ReplyDelete