Sunday 16 August 2009

Indonesia Menjadi Pilot Project Pengembangan BMT

BMT atau baitul-maal wat tamwiil adalah unit keuangan mikro yang bekerja sesuai prinsip-prinsip syariah. Prinsip dasarnya mirip dengan koperasi simpan pinjam. Keberadaan BMT mulai menjamur setelah terjadinya krisis 1997. Pola keja BMT sendiri saya belum memahaminya dengan baik. Tapi tampaknya fokus BMT adalah pada pengembangan masyarakat ekonomi bawah. Ini berbeda dengan bank yang kalau memberikan pinjaman meminta syarat yg kompleks kepada peminjam.

Pada pertemuan dengan Prof. Didin Hafidhuddin beberapa waktu lalu, beliau menyinggung pentingnya pengembangan BMT ke depan. Semoga pengembangan BMT dapat membantu mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat bawah. Hmmm... sepertinya bidang ini cukup menarik digeluti jika pulang nanti..... jadi makin banyak pilihan nih. Atau kebanyakan? (^_^;)

-------------------------------------------

Untuk mempelajari pola BMT di Indonesia IDB akan melakukan tinjauan ke sejumlah BMT. Sebagai objek studi IDB, kata Aslichan, pihaknya akan memilih enam BMT. Namun saat ini beberapa BMT itu masih diidentifikasi. “Untuk kunjungan pertama kami berencana ke BMT Dana Ukhuwah di Lembang Bandung,” ujar Aslichan kepada Republika di Jakarta, Jumat (14/8).

BMT yang menjadi objek studi diantaranya adalah BMT swadaya dengan pendekatan kelompok. Di tahap awal, lanjut Aslichan, IDB akan melakukan studi dan pembakuan manual untuk pengembangan BMT. “Setelah ada pembakuan manual baik dari standar prosedur dan manajemen nanti manual itu akan diperluas untuk digunakan di negara lain,” ujar Aslichan.

----------------------------------

sumber : http://republika.co.id/berita/69431/Indonesia_Jadi_Pilot_Project_Pengembangan_BMT

8 comments:

  1. Indonesia sudah hampir 10tahun mengembangkan BMT.br tlht skrg?belum ada kata terlambat lha..semoga bmt dpt jd soko guru ekonomi..

    ReplyDelete
  2. sudah terlihat dari dulu mungkin... cuma tergntung siapa dan bagaimana cara melihatnya... :)

    yup, bmt layak menjalankan fungsi yg dulu didengung2kan oleh koperasi... soko guru ekonomi...

    ReplyDelete
  3. iya,waktu di campus... cuma diajarkan koperasi..hehehehehehehe

    ReplyDelete
  4. ternyata di kampus masih ada pelajaran koperasi....

    ReplyDelete
  5. masih lha... koperasi pertanian... IPB :D

    ReplyDelete
  6. but we didnt learn about koperasi syariah.. just koperasi....
    anyway, kalau di empowerment world, we really find better the word "koperasi syariah" than "BMT", buat koperasi syariah is a bit easier than BMT... (rulesnya)..

    ReplyDelete