Thursday 26 November 2009

Muslim yang Mendahului Columbus....

Pelajaran sejarah di sekolah dulu mengajarkan bahwa penemu benua Amerika adalah Columbus (walaupun suku indian sdh lebih dulu ongkang-ongkang kaki di sana sebelum Columbus datang).

Benarkah Columbus adalah orang non benua Amerika yang pertama kali berlabuh di benua tersebut? Tampaknya cukup menarik tuk diselidiki kembali...

-------------------------------------------------------------

RALEIGH--Sebuah pameran di North Carolina mengeksplorasi warisan awal Islam  dan kontribusi mereka dalam membangun Amerika.

Pameran di Masjid Universitas Shaw pada Ahad (23/11) lalu ini membantah hipotesis bahwa umat Islam pertama kali datang ke AS pada tahun 1960-an, atau bahwa yang paling awal di antara mereka adalah orang Afrika-Amerika yang memeluk Islam seperti pensiunan petinju atau aktivis kulit hitam.

Pameran, "Muslim di Amerika," menunjukkan bahwa penjelajah Muslim mungkin telah mendahului Christopher Columbus dan bahwa umat Islam berjuang dalam setiap perang AS sejak Perang Revolusi. Catatan sensus menunjukkan bahwa 584 prajurit dengan nama akhir Muhammad (33 dieja cara yang berbeda) ikut bertempur pada Perang Dunia I.

selengkapnya di : republikaonline

2 comments:

  1. agak bingung. langsung terbang ke republika online...

    ReplyDelete
  2. memang ini sekalian ngiklanin republika.. (lho kok? ^^;)

    bukan.jurnalis.republika :)

    ReplyDelete